Rabu, 01 Juli 2009

YAYASAN
PEDULI MATEMATIKA INDONESIA

by math we can do anything

Siapa pun tahu bahwa Indonesia adalah sebuah negara besar dan memiliki sumber daya alam yang besar. Namun, sampai saat ini kebesaran yang dimiliki Indonesia belum mampu membuat kita, bangsa Indonesia, menjadi bangsa yang produktif dan diperhitungkan di bidang teknologi dan ekonomi. Indonesia cenderung menjadi negara pemakai produk dari negara-negara maju. Mengapa? Jawabannya adalah penguasaan teknologi masih rendah; pengelolaan sumber daya alam belum berorientasi pada penciptaan nilai tambah; dan elit politik hanya sibuk berwacana dan mempertahankan kepentingannya.

Kejemuan melihat keadaan politik, ekonomi, teknologi, sosial, dan budaya Indonesia saat ini, membulatkan tekad saya untuk melakukan sesuatu yang berguna bagi masyarakat. Kebulatan tekad ini didasari pula oleh pemikiran masih rendahnya kemampuan anak Indonesia di bidang matematika dan anggapan mereka bahwa pelajaran matematika itu sulit, serta kurangnya jumlah guru yang mengikuti perkembangan matematika. Hasil pemikiran itu menghasilkan sebuah wadah yang kemudian saya beri nama Yayasan Peduli Matematika Indonesia (YPMI).

YPMI bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengajaran matematika di Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Indonesia. Semoga YPMI mampu memberikan kontribusi bagi kemajuan pembelajaran dan pengajaran matematika di Indonesia, mampu menciptakan pemerataan kemampuan siswa di bidang matematika antarsekolah maupun antardaerah, serta mampu menghasilkan siswa-siswa yang memiliki kemampuan istimewa di bidang matematika. Dengan banyaknya siswa Indonesia yang memiliki kemampuan istimewa di bidang matematika diharapkan dapat menjadi bekal utama untuk menguasai teknologi dan berkompetisi secara global.

Kami mengajak semua pihak--baik sekolah, guru, siswa, pemerhati pendidikan, maupun pemerintah-- untuk lebih peduli kepada pembelajaran dan pengajaran matematika di Indonesia. Melalui website ini diharapkan dapat tercipta komunikasi dan interaksi yang positif bagi kemajuan pembelajaran dan pengajaran matematika di Indonesia.

Salam Matematika,

Polmas Sihombing, Ir., MM
Founder/CEO

Tidak ada komentar: